EVE - Wall-E

mouse

/* Start http://www.cursors-4u.com */ * {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/smiley/smi-3/smi357.cur), auto !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

musik

15 Makanan Khas Jawa Barat

1. Lotek

Lotek enak
ratnawatiutami.blogspot.com
Udah pernah denger lotek belum? Lotek itu makanan yang bentuknya mirip seperti pecel, tapi pecel kan makanan khas Jawa Timur bukan Jawa Barat.
Isian yang ada di lotek dan pecel pun hampir sama lho, yaitu sayuran yang direbus terus disiram sama bumbu kacang. Nah, yang bedain antara lotek dan pecel tuh mungkin pelengkap lainnya. Lotek biasa ditambah bakwan sama ketupat, kalau bisa juga ditambahi telur dan juga kerupuk.
Bumbu untuk menyiram lotek pun berbeda, dalam bumbunya kadang pakai terasi dan juga bawang putih. Selain itu tingkat kepedasan bumbunya juga bisa kita sesuaikan dengan selera kita.



2. Batagor

Batagor Bandung
masteresep.com
Batagor itu nama kerennya, kalau kepanjangannya tuh bakso tahu goreng. Makanan yang satu ini sudah gampang ditemui di tiap daerah. Biasanya jualan di pinggir jalan, ada juga yang keliling pakai gerobak atau malah ada yang buka semacam restoran gitu.
Nah, batagor ini terbuat dari tahu yang berisi bakso lalu dibungkus dengan tepung dan digoreng. Biasanya disajikan dengan sambal kacang dan ada juga yang ditambahi dengan potongan timun.

3. Karedok

karedok
masakanragam.blogspot.com
Makanan khas Jawa Barat lainnya adalah karedok. Makanan yang satu ini agak unik lho, karena sayurannya masih segar alias mentah atau bahasa kerennya tu raw food. Nah, karena sayurannya nggak dimasak, maka karedok ini rasa khas dari sayurannya masih terasa. Cobain aja deh biar tau gimana rasanya, yang pasti rasa sayuran mentahnya terasa banget tuh.

4. Sega Lengko

Sego Lengko
ranselkecil.com
Sega lengko ini kalau di bahasa Indonesia namanya nasi lengko, merupakan makanan khas dari pantai utara, mulai dari Bandung, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan daerah di sekitarnya.
Bahan penyusun yang ada dalam nasi lengko ini adalah nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, timun, tauge rebus, daun kucai, bumbu kacang, bawang goreng dan kecap manis.
Ada beberapa orang yang suka menambahkan nasi lengkonya dengan sedikit minyak bekas dipakai untuk menggoreng tahu dan tempe.

5. Cireng

Cireng - aci goreng
flickr.com
Cireng atau aci goreng, kalau dibahasa Indonesia artinya tepung kanji goreng. Bahan utamanya adalah tepung kanji yang digoreng. Sekarang udah banyak varian rasa dari cireng ini, bahkan ada juga cireng isi.
Bahan yang digunakan untuk membuat cireng ini cukup sederhana, seperti tepung kanji, air, garam, merica bubuk, bawang putih dan daun bawang. Nah, kalau untuk yang cireng rasa biasanya diberi perasa bubuk. Tapi kalau cireng isi, ada isian di dalam cirengnya.

6. Combro

combro - oncom di jero
tasting-diary.blogspot.com
Combro ini kepanjangannya adalah oncom di jero atau oncom di dalam. Combro merupakan makanan khas Sunda yang dibuat dari singkong dan juga oncom. Singkong diparut kemudian dibentuk bulat atau lonjong, lalu di dalamnya diisi dengan sambal oncom, setelah itu digoreng.

7. Oncom

Oncom
jurnaltransformasiku.wordpress.com
Oncom merupakan makanan yang terbuat dari kedelai, bentuknya mirip seperti tempe. Bedanya, kalau tempe itu diperjualbelikannya sebelum kapangnya menghasilkan spora. Sementara itu, oncom diperjualbelikan setelah kapangnya menghasilkan spora. Warnanya pun beda, kalau tempe kan putih, oncom warnanya ada yang sampai oranye.

8. Peuyeum

Peuyeum Singkong
ensiklopediaindonesia.com
Peueyum, atau tape singkong merupakan singkong yang difermentasi. Jadi singkong yang keras di fermentasi dengan menggunakan ragi tape sampai menjadi lunak dan rasanya agak manis.

9. Rengginang

Rengginang
id.wikipedia.org
Rengginang ini udah banyak dikenal oleh masyarakat, di berbagai daerah sudah mudah ditemui. Rengginang merupakan makanan seperti kerupuk yang terbuat dari nasi atau ketan.
Bentuk rengginang ini berbeda dari kerupuk biasa, malah terlihat seperti brondong. Rengginang masih tampak butiran-butiran ketannya.

10. Misro

Misro amis di jero
resepkoe.com
Misro terbuat dari parutan singkong yang di dalamnya diisi gula merah kemudian digoreng. Nah, nama dinamai misro karena merupakan kependekan dari amis di jero dalam bahasa Sunda, kalau bahasa Indonesia-nya manis di dalam.
Sepeti namanya, makanan tradisional ini rasanya manis, tetapi bagian dalamnya saja. Sedangkan bagian luar memiliki rasa sedikit manis dan gurih. Bentuknya bulat lonjong dan biasanya seukuran bola ping pong.

11. Wajit

wajik manis
kuehmueh.com
Wajit adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, yang dimasak dengan gula merah dan kelapa. Kalau di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah wajit ini biasa di sebut wajik. Wajit merupakan oleh-oleh khas dari Cililin, Bandung Barat.
Rasa dari makanan berbentuk balok ini manis, dengan tekstur yang legit. Warna aslinya adalah coklat karena menggunakan gula merah sebagai pemanisnya. Kalau kamu menikmati wajit, paling cocok dimakan saat pagi hari dan ditemani secangkir teh hangat.

12. Surabi

Surabi
mrsshiksa95.wordpress.com
Buat kamu yang sedang main ke Bandung, Jawa Barat, akan sangat rugi kalau nggak cobain surabi. Salah satu makanan yang dimasak masih dengan cara tradisional tapi bentuknya seperti makanan luar. Kalau kamu perhatikan, surabi memiliki bentuk seperti pancake, tetapi dimasak di atas tungku.
Adonan yang terbuat dari tepung beras dan bahan lainnya akan dimasak menggunakan tungku tanah liat. Dengan metode memasak seperti ini, tentu akan membuat rasa khas surabi menjadi tetap terjaga keasliannya.
Dengan berkembangnya zaman, surabi yang dulunya hanya berpenampilan polos, kini sudah banyak varian rasanya. Kamu bisa meminta surabi dengan berbagai rasa, ada coklat, keju, nangka, pisang, durian, sosis, atau oncom. Tinggal pilih mana yang sesuai selere kamu.

13. Cimol

Cimol - aci digemol khas Jawa Barat
blogoinformasi.com
Makanan berbentuk bulat dari Jawa Barat ini merupakan singkatan dari aci digemol, atau aci yang dibentuk bulat-bulat. Aci merupakan tepung kanji, ya maka dari itu makanan ini diberi nama cimol. Bulatan dari cimol ini tidaklah sebesar misro, kamu bisa memakannya dengan sekali lahap saja.
Cimol memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih-gurih lezat. Adonan aci yang sudah dibulatkan akan digoreng sampai matang. Sehingga bagian luar dari cimol ini terasa sedikit renyah tetapi akan kenyal di dalam. Kemudian ditambahkan bumbu yang memiliki rasa pedas, bikin kamu nggak bisa berhenti sebelum cimol di tangan habis.

14. Bandros

Kue Bandros
simplyasep.com
Bandros merupakan salah satu kue tradisional di Jawa Barat. Kue ini terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan santan dan kelapa parut. Adonan bandros kemudian dimasak di atas cetakan yang bentuknya mirip kue pukis.
Sola rasa, nggak usah ditanya deh, bandros ini rasanya tradisional tapi enak, ada gurih-gurihnya gitu. Paling enak, menikmati bandros ini ketika masih hangat dengan taburan kelapa parut di atasnya dan secangkir kopi sebagai temannya.

15. Colenak

Colenak khas Jawa Barat
goodindonesianfood.com
Makanan dari Jawa Barat itu banyak yang disingkat-singkat, salah satunya colenak ini. Colenak merupakan singkatan dari dicocol enak. Kedengaran lucu ya namanya? Tapi memang itulah nama makanan ini, dan tentu ada maksud di balik sebuah nama.
Colenak merupakan sebuah olahan berbahan dasar peuyeum yang dibakar di atas arang. Setelah itu disiram dengan saus gula merah yang kental dan parutan kelapa. Nah, di sini nih makna dari namanya, ketika menikmati colenak, kita akan mencocolkan peuyeum ke saus gula merahnya.


sumber:  https://masfikr.com/yuk-cicipin-makanan-khas-jawa-barat/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More